Tips Menghemat BBM Mobil Matic

Kondisi lalu lintas di Jakarta dan kota kota lainnya yang semakin padat merupakan salah satu alasan untuk menggunakan mobil matic agar lebih nyaman, selain itu kepraktisan mengemudi menjadi pertimbangan penting kenapa mobil transmisi otomatis ini lebih dipilih ketimbang mobil manual.

Tetapi, mobil matic disebut-sebut lebih boros bahan bakar ketimbang mobil manual, hal ini disebabkan karena komponen transmisi yang membedakan antara mobil matic dan manual adalah adanya Torque Converter. Komponen ini adalah alat untuk merubah torsi menjadi tenaga lalu disalurkan ke roda untuk bergerak. Transmisi AT atau automatic itu beroperasi pada RPM yang lebih tinggi dibandingkan transmisi manual, karena hal tersebut untuk bergerak dan melaju mobil matic akan menggunakan bahan bakar lebih banyak.

Untuk mensiasati hal tersebut, berikut tips untuk menghemat BBM mobil matic :

Usahakan Akselerasi Secara Bertahap

Ketika ingin menaikkan kecepatan kendaraan sebaiknya jangan menekan pedal gas dalam-dalam secara mendadak karena konsumsi BBM akan lebih besar, lakukanlah perlahan-lahan agar akselerasi dapat berpindah secara bertahap yang dapat menghemat BBM. Begitupun waktu pengereman kendaraan diusahakan jangan menginjak rem secara mendadak, lalukan pengereman dengan melepaskan pedal gas dari jarak jauh sebelum mobil berhenti.

Pertahankan Kecepatan Konstan

Kuncinya adalah hindari menginjak gas secara signifikan, usahakan dari jauh kendaraan sudah memiliki tenaga yang cukup dan konstan. Bila memang harus menginjak gas, usahakan agar tidak melebihi angka 2.000 rpm, untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.Khususnya apabila mobil Anda dilengkapi tombol cruise control seperti pada Honda CRV, HRV, JAZZ, CITY, ACCORD dan Honda CIVIC maka kendaraan akan melaju pada kecepatan yang sama tanpa perlu menekan pedal gas terus menerus.

Baca Juga  Mengenal teknologi Honda Sensing pada Honda Accord & Honda CR-V

Hindari idling terlalu lama

Pada saat kondisi diam (netral) dan mesin dalam keadaan hidup (idling), mesin juga akan bekerja dan membutuhkan bahan bakar. Untuk itu disarankan saat berada dalam posisi diam dengan waktu yang lama, lebih baik matikan mesin mobil untuk menghemat BBM.

Hindari kelebihan kapasitas

Beban apapun yang ada di dalam kabin mobil akan mempengaruhi tenaga mesin. Usahakan meminimalisir kelebihan muatan atau melebihi kapasitas. Ketika beban dalam kabin lebih berat, bahan bakar yang digunakan juga akan lebih banyak untuk menarik kendaraan.

Tutup Kaca Kendaraan Saat Melaju Diatas 60 KM

Mungkin Anda berpikir dengan memanfaatkan “AC alami” maka Anda dapat melakukan penghematan. Sebenarnya, hal ini hanya berlaku untuk mobil berkecepatan rendah karena ketika Anda berkendara dalam kecepatan tinggi, jendela mobil yang terbuka membuat angin yang kencang masuk kedalam kabin sehingga menghambat laju kendaraan, dan pada akhirnya membuat Anda menekan pedal gas lebih dalam untuk terus melaju.

Manfaatkan Fitur Pendukung Hemat BBM di Mobil Honda Anda

Honda memiliki beberapa fitur yang membantu Anda untuk menghemat bahan bakar. Pada beberapa type mobil Honda, terdapat fitur ECON mode yang secara otomatis dapat mengubah sistem kerja mesin untuk efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Sementara itu, terdapat juga fitur ECO assist yang akan memandu pengendara untuk menyesuaikan gaya berkendara sehingga lebih menghemat bahan bakar melalui tampilan combi meter ataupun lampu yang dapat berubah warna atau menyala ketika pengemudi sedang berkendara dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Lakukan Service Secara Berkala

Mobil Anda tentu membutuhkan perawatan rutin agar kinerja mesin tetap optimal dan efisien dalam mengolah bahan bakar. Perawatan dapat dilakukan setiap bulan ke enam, tahun pertama, kedua, dan seterusnya. Kini Anda juga dapat menghemat biaya perawatan mobil dengan Promo Paket Hemat 1 yaitu gratis biaya perawatan reguler dan jasa service seperti ganti oli, ganti kanvas dan lain-lain yang sesuai dengan buku garansi sampai dengan 4 tahun atau setara 50.000 km untuk semua type mobil Honda.

Baca Juga  Berhenti Ditanjakan Saat Macet? Jangan Panik

Baca Juga: Promo Semarak Kemerdekaan Honda

 

 

 

3 thoughts on “Tips Menghemat BBM Mobil Matic”

  1. Pingback: Promo Honda Mobil Agustus 2020 | Harga Mobil Honda Termurah

  2. Pingback: Berhenti di Tanjakan Saat Macet? Jangan Panik - promohondamobil.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone icon
0812.80222273
Hubungi Teddy!
WhatsApp icon
0812.80222273